Loyalitas Pengguna Platform E-Marketplace Berbasis E-Keamanan dan Kepercayaan Sebagai Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.51792/jei.v3i2.142Keywords:
Loyalitas Pengguna, Kepercayaan, E-Keamanan, E-MarketplaceAbstract
Tujuan utama penelitian ini untuk memberi wawasan pada pihak platform E-marketplace dalam mengevaluasi loyalitas pengguna dengan basis E-keamanan yang diukur dari persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan sebuah metode kuantitatif yang memiliki basis explanatori dengan menggunakan sumber data primer dengan menyebark kuesioner terhadap 120 responden. Penelitan ini menggunakan alat pengukuran hipotesis menggunakan Smart-PLS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan secara langsung E-keamanan tidak mempengaruhi pengguna platform E-marketplace untuk tetap loyal dalam menggunakannya. Sedangkan secara langsung pula E-keamanan dapat mempengaruhi kepercayaan pengguna secara positif dalam mengakses platform E-marketplace, dan kepercayaan pengguna sendiri juga berperan positif dalam mempengaruhi loyalitas pengguna platform E-marketplace. Secara mediasi, variabel kepercayaan dapat mengubah hubungan E-keamanan terhadap loyalitas pengguna menjadi positif dan signifikan.