PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PEMAHAMAN PAJAK, TARIF PAJAK, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM. (Studi Kasus pada UMKM yang terdaftar di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kabupaten Kendal)

Authors

  • Nurkholik Universitas Selamat Sri
  • Yunita Lisnaningtyas Utami Universitas Selamat Sri
  • Adji Danu Kusuma Universitas Selamat Sri

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Pemahaman Pajak, Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak UMKM

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman pajak secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. untuk mengetahui dan menganalisis tarif pajak secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. untuk mengetahui dan menganalisis  sanksi pajak secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM.untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, pemahaman pajak, tarif pajak, dan sanksi pajak secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh UMKM yang terdaftar di KP2KP Kendal yang berjumlah 11.344 orang. sampel penelitian berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel incidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa,kualitas pelayanan, pemahaman pajak, tarif pajak, sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. sedangkan hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan, pemahaman pajak, tarif pajak,  sanksi pajak secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM.

Downloads

Published

17-12-2021