Strategi Marketing 4.0: Dampak Live streaming dan Affiliate marketing terhadap Purchase Decision Konsumen Muda

Authors

  • Auliya Nurmalasari Universitas AKPRIND Indonesia
  • Yoshua Ronaldo Primartono Universitas AKPRIND Indonesia
  • Anggun Sulistyowati Universitas AKPRIND Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51792/khte3j58

Keywords:

Live streaming, affiliate marketing, purchase decision

Abstract

Era marketing 4.0, di mana digitalisasi mendominasi pola komunikasi antara brand dan konsumen, terjadi pergeseran signifikan dalam perilaku pembelian generasi muda, khususnya Gen Z dan Milenial. Platform e-commerce berbasis media sosial seperti TikTok Shop kini tengah menjadi pusat perhatian karena kemampuannya menggabungkan elemen interaktif, seperti siaran langsung (live streaming) dan sistem afiliasi, dalam mendorong keputusan pembelian konsumen. Hal ini menjadi latar belakang utama dalam penelitian ini, yang secara khusus menelusuri dampak kedua strategi digital tersebut terhadap perilaku pembelian generasi muda. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 100 partisipan yang dipilih menggunakan metode stratified random sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah kuesioner, sementara teknik analisis dilakukan melalui regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan studi ini memperlihatkan bahwa baik fitur live streaming maupun affiliate marketing memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen muda, baik secara terpisah maupun bersamaan. Temuan ini memperkuat posisi live streaming dan affiliate marketing sebagai elemen penting dalam strategi Marketing 4.0 yang efektif untuk menjangkau dan memengaruhi perilaku konsumen generasi digital.

Downloads

Published

30-06-2025