KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI MEDIASI CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA
DOI:
https://doi.org/10.51792/jei.v1i2.25Keywords:
Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing, Keberlanjutan UsahaAbstract
Tujuan penelitian sebagai berikut: menganalisis pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap keberlanjutan usaha, serta menganalisis bagaimana peran mediasi keunggulan bersaing dalam pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap keberlanjutan usaha. Responden yang digunakan sebanyak 47 pengusaha body repair. Metode analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable citra perusahaan, kualitas pelayanan dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan usaha, Selain itu variable citra perusahaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Adapun uji mediasi pada penelitian ini menujukkan bahwa keunggulan bersaing dapat menjadi mediasi pengaruh citra perusahaan terhadap keberlanjutan usaha, sedangkan pada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keberlanjutan usaha, keunggulan bersaing tidak mampu menjadi mediasi.





