PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.51792/jei.v1i2.41Keywords:
Etika, Etika Bisnis, Kepuasan PelangganAbstract
Kabupaten Kendal dilalui jalur pantura yang ramai lalu lintas, sehingga tersedia banyak berdiri rumah makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan etika bisnis terhadap kepuasan pelanggan. Subjek penelitian ini adalah para pelanggan salah satu warung makan yang ada di Kabupaten Kendal. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan accidental sampling. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa, penerapan etika bisnis yang diproksikan dengan (1) Keadilan berpengaruh secara negative dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) Kejujuran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (3) Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara bersama-sama penerapan etika bisnis berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepercayaan merupakan variabel yang paling dominan dari variable etika bisnis yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.





