PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN CITRA PONDOK TERHADAP KEPUASAN SANTRI PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.51792/jei.v2i1.43Keywords:
Kualitas pelayanan, fasilitas, citra pondok, santriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan Citra Pondok terhadap kepuasan santri.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Santri Pondok Modern Selamat Kendal sebanyak 89 responden dengan metode penelitian accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan santri dengan nilai thitung sebesar 2.475 lebih besar dari ttabel sebesar 1,988, Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan santri dengan nilai thitung sebesar -2829 lebih besar dari ttabel sebesar 1,988, Citra Pondok tidak berpengaruh terhadap kepuasan santri dengan nilai thitung sebesar 1.829 lebih kecil dari ttabel sebesar 1,988, sedangkan secara simultan Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra Pondok berpengaruh terhadap kepuasan santri dengan nilai thitung sebesar 5.945 lebih besar dari ttabel sebesar 2.71.