Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat di Cendana Motor Honda Cepiring Kendal

Authors

  • Sulaiman Kurdi Universitas Selamat Sri
  • Umi Hani Universitas Selamat Sri
  • Novita Triyatun Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.51792/jei.v3i1.97

Keywords:

Keputusan pembelian, harga, kualitas produk, iklan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda BeAT di Cendana Motor Honda Cepiring Kendal. Penelitian ini menggunakan sampel pembeli motor Honda BeAT dengan jumlah sampel 78 orang. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu harga, kualitas produk, dan iklan sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga besarnya thitung sebesar 3,349 dan diketahui bahwa variabel harga (X1) memiliki ttabel adalah 1,993, jika dibandingkan dengan thitung maka hasilnya 3,349 > 1,993 dan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel kualitas produk (X2) memiliki thitung sebesar 1,883, jika dibandingkan dengan ttabel maka hasilnya 1,883 < 1,993 dan nilai signifikan 0,064 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel iklan (X3) memiliki thitung sebesar 10,220, jika dibandingkan dengan ttabel maka hasilnya 10,220 > 1,993 dan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel iklan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Secara simultan, variabel harga (X1), kualitas produk (X2) dan iklan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai Fhitung > Ftabel (321,517 > 2.73) dan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Nilai koefisien determinasi Adjusted R square  hasil regresi sebesar 0,926 artinya harga (X1), kualitas produk (X2) dan iklan (X3) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 92,6% sedangkan sisanya sebesar 7,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

31-01-2024