Analisis Faktor yang Memberi Dampak pada Nilai Perusahaan

Authors

  • Endah prasetyoningsih Universitas YPPI Rembang
  • Wulan Suryandani Universitas YPPI Rembang

DOI:

https://doi.org/10.51792/jei.v3i2.135

Keywords:

Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan

Abstract

Nilai suatu bisnis dapat diperlihatkan melalui harga saham yang dibuat di pasar modal dari pemesanan dan penawaran. Studi ini memiliki kegunaan untuk memperlihatkan bagaimana profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran suatu perusahaan berdampak pada nilainya pada perusahaan yang tergabung di BEI dalam industri makanan dan minuman. Perusahaan sektor makanan dan minuman yang tergabung di BEI selama dari tahun 2018 hingga 2022 adalah populasi yang digunakan dalam studi ini. Data yang didokumentasikan dalam studi ini dikumpulkan melalui metode pengambilan kriteria-kriteria tertentu. Tujuh perusahaan terlibat sebagai sampel selama lima tahun penelitian, dan mereka menghasilkan total 35 observasi yang dapat dikatakan bahwa data yang digunakan merupakan data sekunder. Data dipelajari melalui analisis regresi linear berganda. Studi ini memiliki temuan yang masing-masing memberi dampak pada nilai perusahaan yaitu; profitabilitas memberikan dampak positif signifikan, likuiditas memberi negatif signifikan, leverage memberi dampak negatif tidak signifikan dan ukuran perusahaan memberi dampak positif tidak signifikan. Selanjutnya temuan dari hasil pengujian determinasi menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas yang diteliti hanya memiliki cakupan penjelasan sebanyak 7,9% pada variabel dependen yaitu nilai perusahaan, sisanya diterangkan oleh penyebab lain diluar fokus tujuan penelitian.

Downloads

Published

30-06-2024