Dampak Promosi Media Sosial dan Kualitas Program Pelatihan terhadap Kepuasan Peserta dengan Reputasi LPK Bina Karya sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Dwi Fatmaningsih Universitas Selamat Sri
  • kharisma nawang sigit Universitas Selamat Sri
  • Muhammad Syaqiq Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.51792/gewmmv93

Keywords:

Promosi Media Sosial, Kualitas Program Pelatihan, LPK, Kepuasan Peserta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kuat dari variabel independent yakni promosi media sosial (X1) dan kualitas program pelatihan (X2) terhadap variabel dependent kepuasan peserta (Y), serta peran Reputasi LPK Bina Karya (Z) sebagai variabel intervening dalam memediasi variabel-variabel independent dalam meningkatkan kepuasan peserta di LPK Bina Karya. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal, dengan analisis regresi linear berganda, analisis jalur, dan uji sobel. Sampel peserta pelatihan sebanyak 140 peserta pelatihan di LPK Bina Karya yang diambil secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi media sosial dan kualitas program pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi lembaga dan kepuasan peserta. Reputasi lembaga juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta serta memediasi pengaruh promosi media sosial dan kualitas program pelatihan terhadap kepuasan peserta. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya strategi promosi digital dan peningkatan kualitas program pelatihan dalam membangun reputasi dan kepuasan peserta

Downloads

Published

30-06-2025