PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA INDOMARET KARANGAYU CEPIRING KABUPATEN KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.51792/jei.v2i1.56Keywords:
Harga, Lokasi, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan studi kasus pada Indomaret Karangayu Cepiring Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena nilai signifikansi 0,009 < 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,663 > 1,975). Lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,908 > 1,975). Secara simultan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (8,541 > 2,70) maka harga dan lokasi bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan hasil koefisien R Square (R2) sebesar 0,650 ini berarti kontribusi variabel independen (loyalitas pelanggan) sebesar 65,0% sedangkan sisanya sebesar 35,0% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini