Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada SMK Ma’arif NU Nusahada Reban)
DOI:
https://doi.org/10.51792/jei.v2i2.69Keywords:
Disiplin Kerja, Kompetensi, Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru, dan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan kompetensi terhadap kinerja guru pada SMK Ma’arif NU Nusahada Reban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Populasi penelitian ini terdiri dari 14 orang guru di SMK Ma'arif NU Nusahada Reban. Pada penelitian ini, seluruh populasi tersebut digunakan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari uji hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) diperoleh nilai signifikansi pengaruh disiplin kerja (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai t hitung sebesar 4,808 (4,808 hitung > 2,201 tabel) yang artinya disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru; (2) diperoleh nilai signifikansi pengaruh kompetensi (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,001 (0,001 < 0,05) dan nilai t hitung sebesar 4,618 (4618 hitung > 2,201 tabel) yang artinya kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru; (3) diperoleh nilai signifikansi pengaruh disiplin kerja (X1) dan kompetensi (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,001 (0,001 < 0,05) dan nilai f hitung sebesar 12,672 (12,672 hitung > 3,98 tabel) yang artinya disiplin kerja dan kompetensi bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru